Kijang Kapsul merupakan mobil MPV ber kapasitas 8-9 penumpang,
kijang kapsul diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 sebagai penerus
kijang ekstra yang dihentikan produksinya tahun 1997 yang uniknya toyota
menyediakan dua jenis bahan bakar yakni bensin dan diesel. Memiliki
julukan penyempurna kijang grand extra desain kijang kapsul dibuat lebih
bulat dan memiliki aerodinamis mobil yang lebih bagus dari pendahulunya
yakni kijang extra, kijang kapsul juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari pendahulunya yakni 1800 cc sampai 2400 cc.
Sayangnya kijang kapsul juga memiliki beberapa kelemahan, kelemahan kijang kapsul paling utama adalah pada konsumsi bahan bakar yang cukup boros, nanti akan kita bahas mengalir mengenai mobil ini.
Sayangnya kijang kapsul juga memiliki beberapa kelemahan, kelemahan kijang kapsul paling utama adalah pada konsumsi bahan bakar yang cukup boros, nanti akan kita bahas mengalir mengenai mobil ini.
Mesin kijang kapsul terbagi dalam 4 tipe yakni, mesin bensin 1800 cc
dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan karburator, mesin bensin
1800 cc menggunakan pasokan bahan bakar sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan mesin diesel 2400 cc.
SX dan LX
Kijang Kapsul SX dan LX merupakan varian standart dan generasi pertama
kijang kapsul, mobil ini memakai mesin 4 silinder OHV dengan kapasitas silinder 1800 cc, menggunakan pasokan bahan bakar karburator, menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki tenaga / daya maksimum 80 Ps pada 4800 rpm, memiliki torsi maksimum 14,3 Kgm pada 2800 rpm (tidak culup besar untuk ukuran mobil jaman sekarang).

LSX dan SSX
Kijang SSX berbeda dimensi dengan LSX dimana LSX merupakan versi long
dengan panjang 4495 mm sedangkan SSX memiliki panjang 4245, kijang
kapsul tipe ini juga memiliki varian mesin diesel LSX-D
dan SSX-D. Varian bensin memakai mesin 4 silinder OHV 1800 cc dengan
daya maksimum 84 Ps pada 4800 rpm (lebih besar dari SX dan LX), LSX dan
SSX bensin juga memiliki torsi maksimum yang lebih besar yakni 14,6 kgm
pada 2800 rpm, menggunakan bahan baker bensin dengan pasokan bahan bakar
EFI.

LSX dan SSX sudah lebih baik dalam interior maupun eksterior dengan perbaikan pada suspensi depan yang menggunakan pegas batang torsi,
perbaikan juga dilakukan pada sistem kemudi dimana power steering telah
memakai rack & pinion dan power assist. Perubahan yang mencolok
pada tipe LSX SSX ini adalah penggunaan mesin diesel dan perubahan pada sistem pasokan bahan bakar yang tidak lagi menggunakan karburator akan tetapi telah menggunakan EFI dan sistem injection.
Untuk spesifikasi LGX SGX dan kijang Krista kami ulas pada artikel depan...
Kekurangan atau kelemahan Kijang kapsul ada beberapa catatan, antara lain:
1. Konsumsi bahan bakar yang cukup boros,
yakni mencapai 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota, hal ini kadang tidak
diketahun konsumen yang ingin membeli mobil ini, sebagai perbandingan
kijang innova memiliki konsumsi bahan bakar 1:8 untuk dalam kota dan
1:12 untuk luar kota, bisa dibayangkan betapa boros mobil ini,
perbandingan dengan isuzu panther grand touring (rival kijang innova)
yang memiliki konsumsi bahan bakar sampai 1:16 km untuk luar kota
sedangkan dalam kota mencapai 1: 11
2. Suspensi per daun pada kijang kapsul sering menjadi masalah terutama
ketika melewati medan yang cukup berat, ini dapat terlihat jika mobil
terlihat miring ke salah satu sisi.
3. Karet Body pada Kijang kapsul sering retak/ mengelupas, jangan
sungkan untuk mengganti karena ini memang kelemahan kijang kapsul
4. Arm atau bushing arm sering aus.
Berikut ini Harga pasaran kijang kapsul :
Harga Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel 2.4 SSX-D, Th 2000 Rp. 80 juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel 2.4 SSX-D, Th 2001 Rp. 85 juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel 2.4 SSX-D, Th 2002 Rp. 90 juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel Krista 2.4 D, Th 2000 Rp. 105 Juta
Harga Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel Krista 2.4 D, Th 2001 Rp. 110 Juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel Krista 2.4 D, Th 2002 Rp. 115 juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI, Th 2000 Rp. 100 juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI, Th 2001 Rp. 105 Juta
Harga Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI, Th 2002 Rp. 115 Juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI Last Model, Th 2002 Rp. 120 Juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI Last Model, Th 2003 Rp. 125 juta
Harga Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI Last Model, Th 2004 Rp. 130 juta